Ini Yang Menarik Di Apoang, Sendana Kab. Majene

Apoang, daerah yang masuk dalam wilayah kecamatan Sendana kab. Majene, mengenali daerah ini hanya karena seorang kawan kini bermukim dan menikahi wanita asal dari daerah ini. Apoang, cukup mudah mengenalinya, jika anda dari arah Somba, kota kecamatan Sendana, kab.  Majene  maka daerah dengan garis pantai yang panjang dengan beberapa kedai kelapa muda yang tersusun rapi adalah wilayahnya. 

Di seberang kedai nyaris tak ada bangunan yang berdiri, karena hanya didominasi oleh kebun milik warga. Entah semenjak kapan kedai-kedai itu mulai berdiri, yang jelas pilihan untuk menikmati wisata kuliner di wilayah ini selalu tersedia. Walaupun sejauh pengamatan saya orang-orang yang mampir di kedai ini tidak begitu ramai, hanya ada beberapa kendaraan beroda dua atau beroda empat yang kadang mampir. 

kelapa muda apoang di kec. sendana kab. majene
kelapa muda apoang di kec. sendana kab. majene (Foto : Tommuane Mandar)
Kedai kelapa muda di Apoang menyajikan buah kelapa muda dengan berbagai macam variasi penyajian, ada yang disajikan dengan menu original yaitu campuran buah kelapa segar dengan serutan gula aren, namun ada pula yang disajikan dengan campuran sirup DHT, merek terkemuka untuk sirup buah yang tersebar di Pulau Sulawesi. Selain itu juga tersedia berbagai macam minuman bersoda, air mineral, aneka snack, dan bahan jualan lain khas kedai-kedai kelontong.

kedai kelapa muda apoang saat malam hari
kedai kelapa muda apoang saat malam hari (Foto : Tommuane Mandar)
Lalu apa yang menarik di Apoang? Dan mengapa sebaiknya anda harus rehat di tempat ini? Apoang menarik menurut saya, karena kedai-kedai ini semuanya menghadap ke lautan lepas, posisi dimana mentari selalu terbenam, maka pemandangan senja adalah mutlak dapat anda saksikan ketika menyempatkan mampir di sore hari menjelang malam. Dengan ditemani satu paket buah kelapa muda segar yang disajikan dengan gula aren produksi lokal yang tanpa pemanis buatan, maka kesempurnaan menikmati senja bisa jadi alasan anda harus mampir di tempat ini. Ada debur ombak dan hembusan angin yang juga akan menemani keseruan anda menikmati senja.
Lalu jika di siang hari seperti apa? anda juga masih bisa menikmati Apoang dengan sajian menu kelapa muda segarnya. Buah ini bisa jadi pelepas dahaga, pencuci pencernaan, dan penambah energi saat anda melalui jalur trans Sulawesi Barat yang panjang. Khawatir dengan hawa panas pantai, anda tak perlu memikirkan tentang itu, struktur atap kedai yang terbuat dari daun “rumbia” atau daun nipa menjadikan suasana didalam kedai menjadi lebih dingin, anda hanya akan ditemani oleh debur ombak dan semilir angin dari perairan pantai Apoang.

Pesisir pantai Apoang memang sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk menyantap kuliner dan menghabiskan waktu mengamati pergantian siang menjadi malam. Pantainya cukup bersih dan jauh dari kawasan penduduk, sehingga limbah rumah tangga tidak ditemukan disini.

5 comments:

  1. di pantai memang enak melihat matahari tenggelam,,,salam kenal kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, sunset memang selalu seru ,, salam balik kawan

      Delete
  2. Mudah-mudahan pemerintah dapat meningkatkan kualitas wisata di daerah apoang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemerintah sepetinya belum terlalu jauh menyentuh

      Delete
  3. Hari pertama di apoang,... Semoga bisa lebih mengenal suku ayah dan ibu...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.