Menikmati Cadasnya Tebing Pantai Palippis Dari Sisi Laut

Pantai Palippis, pantai wisata yang cukup terkenal di kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, letaknya di desa Bala, kec. Balanipa, kab. Polman. Dahulu objek wisata ini jadi primadona di awal tahun 1990-an namun perlahan pesonanya pudar dan mulai jarang dikunjungi. Namun dalam beberapa bulan terakhir ini (Oktober, November, Desember 2016) ada riak wisata yang didengungkan lagi di tempat wisata ini.  Terdapat kegiatan bulanan yang dibuat oleh pengelola wisata setempat, dengan sokongan dana dari pengusaha yang berkarir di Papua, dengan mendatangkan beberapa band nasional dan para penghibur lainnya. Maka dalam beberapa bulan terakhir ini jumlah pengunjung khususnya pada tiap akhir pekan menjadi meningkat. Efek akhirnya Pantai Palippis kembali menjadi ramai oleh pengunjung yang tampaknya masih didominasi oleh kalangan remaja.

Pantai Palippis punya banyak tawaran menarik untuk dinikmati sebagai tempat wisata, mulai dari pasirnya yang putih, perairannya yang dangkal dan lumayan aman untuk direnangi, dan sajian menu tradisional dari kedai-kedai lokalnya. Namun ada satu hal yang dimiliki Palippis namun mungkin jarang dinikmati atau dilihat dari dekat, terdapat tebing Pantai yang nyaman dipandangi dan sangat apik didokumentasikan dalam potret kamera. Tebing pantai ini memanjang dari Pantai Palippis hingga Pantai Labuang, panjangnya kurang lebih 1 km, jenisnya hampir sama dengan yang dimiliki oleh tebing Pantai Dato, di kelurahan Baurung, kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Tebing yang langsung berbatasan dan bersisian dengan tepian laut, dengan menyisakan hanya sedikit garis pantai, tentu saja dengan struktur pasir yang masih putih.
Tebing Pantai Palippis masih dalam satu rangkaian dengan tebing Pantai Labuang, dua daerah beda kecamatan ini (Balanipa-Campalagian) punya tebing pantai yang sama, paduan tebing dan pasir putih. Hanya saja pantai di bagian Labuang bisa diakses dengan berjalan kaki dari pusat dusun Labuang sementara pantai di Palippis tidak bisa diakses dengan berjalan kaki dari pesisirnya, sementara Palippis tidak. Satu-satunya jalan untuk menikmati tebing pantai Palippis adalah dengan menikmatinya dengan alat transportasi perahu motor dari arah laut (seaside view). Untuk menikmatinya dari daratan maka tidak akan mungkin, karena sudut pandang akan terbatas, dan terhalang oleh tebing curam di sisi kanan dan kiri.

menikmati tebing pantai palippis
Menikmati tebing Pantai Palippis di desa Bala, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Tom Andari)
Untuk dapat menikmati tebing-tebing cantik ini maka Anda dapat melalui jalur dari Pantai Palippis sendiri atau dari arah Pantai Labuang. Tentu saja dengan sebelumnya menghubungi jasa penyedia angkutan perahu yang dapat mengantarkan Anda menelusuri jejeran tebing-tebing cantik ini. Namun jenis wisatawan/pelancong yang menikmati sajian tebing-tebing di Pantai Palippis ini masih sangat jarang, kebanyakan pengunjung pantai Palippis hanyalah bermain di tepian pantai atau sekedar duduk dan mengobrol tak jauh dari area pantai. Sementara pelancong dari arah pantai Labuang juga masih sangat jarang, singkatny tak banyak yang menempuh jalur tour seaside view yang langka ini. Jika Anda ingin berwisata dan menikmati sisi lain Palippis maka cobalah untuk menempuh jalur ini. 

tebing pantai palippis polewali mandar
Tebing Pantai Palippis di desa Bala, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Tom Andari)
Untuk akses perahu dapat Anda tempuh dari Pantai Palippis, penyedia jasa satu-satunya hanya dimiliki oleh Puaq Kamaq (Bapak Abd. Razak) pemilik lahan di Pantai Palippis yang juga menyediakan jasa wisata berkeliling dengan menggunakan perahu motornya jenis perahu dengan daya muat 5-7 orang dengan menggunakan cadik di sisi kiri dan kanan. Jika dari arah pantai Labuang lebih menarik lagi, ada pilihan perahu tradisional Mandar, yaitu perahu Sandeq, namun dengan bantuan daya dorong mesin. Perahu tradisional ini dapat digunakan untuk menyusur tebing-tebing cantik Pantai Palippis. Jasa wisata dari Pantai Labuang belum ada orang-orang yang khusus menyediakanya, namun dapat Anda jejaki dengan mengontak nelayan lokal pemilik perahu, tentu saja dengan bayaran yang normal.  Dari arah sisi pantai lainnya juga dapat menjadi awal Anda melakukan tour pantai, misalnya dari panti di dusun Gonda, kec, Campalagian, di Gonda ada banyak jasa perahu yang dapat mengantarkan Anda ke Palippis, atau dari pantai Bonde Masing Lapeo, kec. Campalagian. Dari dua pantai di Campalagian ini Anda dapat menggunakan jenis perahu tradisional Mandar jenis Baqgoq, perahu dengan daya muat yang lebih besar dari Sandeq, sekali jalan dapat memuat hingga 15 orang. Perahu ini juga tepat untuk memuat barang yang lebih banyak, beda dengan perahu Sandeq yang tidak punya ruang yang besar. 

tebing pantai palippis polman
Tebing Pantai Palippis dengan warna biru laut yang sempurna di desa Bala, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Tom Andari)
Tebing Cantik di Pantai Palippis punya ragam keindahan,  dengan tebing berupa dinding karang, beberapa bagian dasarnya membentuk ceruk dalam ke bagian daratan hingga beberapa rangkaiannya menyusun goa-goa dalam yang msih jarang disentuh oleh manusia. Bagian permukaan atasnya adalah vegetasi hijau khas pesisir yang merupakan bagian batas dari  area yang belum banyak disentuh.
Warna biru laut di sekitar perairan ini juga merupakan sajian menarik di sekitar tebing Pantai Palippis, kedalamannya hingga 3-5 meter, dahulu merupakan area terumbu karang yang padat, namun karena efek ekspansi manusia, terumbu karang ini menjadi hancur dan sulit ditemukan lagi keindahannya.
Suntuk dengan pekerjaan dan ingin menemukan pilihan wisata bahari namun bosan dengan pasir putih Palippis yang itu-itu saja maka pilihan berwisata dengan menggunakan perahu melihat tebing-tebing cantik Pantai adalah hal yang dapat Anda ambil di akhir pekan atau di hari libur. Jika Anda mengambil jalur dari Pantai Labuang, Pantai Gonda, dan Pantai Lapeo, sesampai di Pantai Palippis, maka saat ini telah berdiri kedai-kedai sederhana milik warga Palippis yang menyediakan menu sederhana seperti kopi, teh, minuman dan makanan (snack) untuk sekedar mengisi perut yang keroncongan selama menikmati tebing-tebing cantik di Pantai Palippis.

No comments

Powered by Blogger.