Resep Kue Onde-Onde Khas Ala Mandar

Onde-Onde hampir semua orang sudah mengenal penganan ini. Penganan yang biasa muncul di daerah Mandar, Sulawesi Barat, saat ada acara syukuran setelah mendapatkan barang yang baru. Bentuk syukuran kecil-kecilan atas hal "baru"  maka Anda akan dengan mudah menemukan penganan ini. Kadang orang-orang di Mandar akan berkata dengan nada sedikit bercanda "Inna Onde-Ondena?" (Mana Onde-Ondenya?) jika tahu bahwa ada hal yang baru kemudian tak menemukan penganan ini. 

Ilustrasi onde-Onde Ala Mandar
Ilustrasi Onde-Onde Ala Mandar
Foto : www.delicious-indonesian-cake.blogspot.com

Penganan ini secara umum di negara Indonesia dan Malaysia sangat terkenal, orang-orang Jawa biasa menyebutnya dengan nama  "Klepon". Penganan dari ketan yang berisi gula aren (gula merah) dengan konsistensi agak lunak atau sedikit encer, sangat lezat dinikmati sebagai cemilan saat pagi atau di sore hari. Secara umum Onde-Onde Mandar ini sama dengan onde-onde yang biasa dibuat, hanya saja saya memaparkan resep ala Mandar saja. Singkatnya onde-onde Mandar ini  terbuat dari tepung beras dan tepung ketan (agak berbeda dari bahan biasanya), atau tepung ketannya bisa diganti dengan tepung singkong, berisi gula aren cair, berbentuk bulat, direbus, lalu dibalut dengan parutan kelapa agak muda.

Kali ini saya akan sedikit memberikan resep kue onde-onde khas Mandar (resep saya peroleh dari seorang teman penggemar dunia kuliner Mandar, dan sering membuat penganan ini)

Bahan-bahan yang digunakan :
  • 150 gram tepung beras
  • 250 tepung ketan atao tpung singkong
  • Gula merah secukupnya
  • Kelapa parut (agak muda)
  • Air hangat secukupnya
Cara membuat :
Semua tepung d campur, brsama air sedikit demi sedikit, di uleni sampai bisa di bentuk bulat, tengahnya lalu di isi dengan potongan gula merah berbentuk dadu atau dengan ukuran sedang dan tidak terlalu besar. Kemudian didihkan air lalu rebus adonan hingga adonan bola-bola kecil ini mengapung. Setelah matang, angkat bola-bola kecil ini lalu balur dengan parutan kelapa stengah tua, boleh juga jika ingin kelapanya di kukus terlebih dahulu sebelum dibalurkan (hal ini untuk menjaga agar kelapanya tidak cepat basi). Setelah adonan bola-bola kecil ini dibalurkan kelapa maka ia siap untuk disajikan.

Resep ini mungkin agak sedikit berbeda dengan resep Onde-Onde lainnya yang umum menggunakan tepung ketan saja, resep diatas tepungnya merupakan gabungan tepung beras dan tepung ketan, karena jika hanya menggunakan tepung ketan maka akan keras serta lengket, penambahan tepung beras adalah bertujuan untuk menghindari ini. Tepung singkong juga kadang digunakan (di daerah Mandar tepung ini terbuat dari singkong yang diparut, diperas, lalu dijemur dan dihaluskan kemudian disaring)

Bahan cukup mudah ditemukan dan cara membuat juga lumayan sederhana, salah satu kuliner murah dan praktis untuk menjamu tamu saat acara syukuran. Anda tidak perlu menyewa katering yang harganya hingga jutaan rupiah untuk membuat acara syukuran atas barang-barang baru anda, cukup sajikan "Onde-Onde Ala Mandar" ini maka anda sudah memenuhi kewajiban budaya kuliner, tapi lihat juga segmentasi tamu Anda, jika tamu Anda hanya orang-orang terdekat, maka kuliner Onde-Onde ini tepat untuk disajikan.

2 comments:

Powered by Blogger.