Citarasa Bau Peapi Mandar Dengan Asam Buriang (Belimbing Wuluh)

Selain asam mangga, (pammaissang ; kaloe) buah belimbing wuluh atau biasa juga disebut belimbing sayur juga bisa digunakan sebagai bahan asam untuk Bau Peapi Mandar, rasa asamnya beda, tingkat keasamannya lebih ringan, agak datar, tetapi masih meninggalkan rasa asam yang cukup membuat ikan masak kuah kuning jadi lezat untuk dinikmati.

Saat tak ada asam mangga, belimbing wuluh bisa digunakan, mudah didapati, harganya juga murah, bahkan kadang hanya dengan modal izin ke tetangga belimbing ini sudah bisa didapatkan.

Belimbing wuluh atau belimbing sayur di Mandar, Sulawesi Barat disebut dengan nama "Buriang" ia biasanya tumbuh di pekarangan rumah, pohonnya besar, semakin tua dan semakin besar batang pohonnya maka akan semakin lebat buahnya. Usianya puluhan tahun, jika menanam satu pohon saja, maka kebutuhan asam belimbing akan terjamin untuk puluhan tahun pula.
 
bau peapi mandar asam belimbing wuluh
Bau Peapi Mandar dengan pilihan belimbing wuluh sebagai pengganti asam mangga  (Foto : www.tommuanemandaronline.blogspot.com)
Bau peapi Mandar dengan belimbing wuluh sebagai asamnya menghadirkan rasa masam yang segar, apalagi jika mencicipi langsung daging buah belimbing yang telah matang dan bersatu dengan kuah ikan. Ia tak kalah dengan asam mangga. Warnanya kuning kecokelatan saat telah masak, berbeda dengan asam mangga yang warnanya agak kecokelatan gelap.  

Dari foto yang tersaji di tulisan ini saja sudah cukup membuat air liur seolah mengalir, apalagi jika telah mencicipi sajian langsung ikan kuah kuning ini. Setidaknya pilihan asam yang tersaji bukan hanya asam mangga. Masalah yang kemungkinan dihadapi oleh orang-orang Mandar yang berada di perantauan, biasanya asam mangga muda  (pammaissang) susah didapatkan, sehingga belimbing wuluh bisa jadi pilihan lain untuk tetap membuat kuah ikan bau peapi masih lezat dinikmati.

Seorang sahabat facebook dengan nama akun 'Rahmat J Fanggaru" menambahkan komentar mengenai jenis bau peapi dengan belimbing wuluh ini, "lihat foto ini, saya jadi rindu dengan masakan bau peapi ibu di rumah yang kadang menggunakan belimbing atau terong".  Pada beberapa keluarga Mandar yang menyajikan bau peapi, bahwa asam mangga ternyata tidak selamanya menjadi pilihan utama, ada pilihan lain tambahan seperti belimbing atau terong

Namun pilihan utama asam mangga muda  (pammaissang) tidak pernah bisa dihilangkan, seolah sudah jadi pakemnya bau peapi, tak tergantikan, hanya dimodifikasi disaat bahan utama ini sulit didapatkan atau untuk alasan mencari selera rasa baru bau peapi.

Rasa bau peapi Mandar yang dibuat dengan asam belimbing wuluh pada hari kedua setelah ikan dimasak masih meninggalkan asam kuat, rasa kuah ikan semakin kuat dengan tekstur asam belimbing yang sangat lunak digigit. Walau jadi pilihan kedua, belimbing wuluh juga punya rasanya sendiri, ia memberi citarasa masam yang lebih segar dan ringan. Jika sudah bosan menikmati bau peapi Mandar dengan asam mangga muda cobalah beralih ke asam belimbing, rasakan perbedaannya.

No comments

Powered by Blogger.