Situs Allamungan Batu Di Luyo

Dua konfederasi kerajaan besar di daerah Mandar dahulu adalah Pitu Baqbana Binanga dan Pitu Ulunna Salu. Sejarah merekam bahwa beberapa kali dua kelompok kerajaan yang berbeda letak mewakili dataran tinggi dan dataran rendah ini pernah beberapa kali membuat kesepakatan berupa perjanjian. 

Monumen situs Allamungan Batu yang terletak di wilayah kec. Luyo Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat
Photo Credit :  Azdar Gipsi 
Daerah Luyo yang berada di kab. Polewali Mandar dahulu pernah dijadikan tempat untuk berikrar untuk semakin memperkuat persaudaraan antara dua kelompok kerajaan ini dalam persepsi Mandar yang lebih kuat. 

Berikut dibawah ini adalah kutipan naskah Allamungan Batu di Luyo, (perjanjian Sipamandaq di Luyo)

1. Taqlemi manurunna peneneang uppasambulobulo anaq appona di Pitu Ulunna Salu, Pitu Baqbana Binanga, nasaqbi Dewata diaya Dewata diong, Dewata di kanang, Dewata diolo, Dewata diboeq, manjarimi pasemandarang.

2. Tannisapaq tannitonang, maq allonang mesa mallatte samballa, siluang sambusambu sirondong langiqlangiq, tassipande peoqdong tassipadundu pelango, tassipelei dipanraq tassiluppei diapingang.

3. Sipatuppu diadaq sipalete dirapang, adaq tuho di Pitu Ulunna Salu, Adaq mate di muane adaqna Pitu Baqbana Binanga.

4. Saputangang di Pitu Ulunna Salu, Simbolong di Pitu Baqbana Binaga

5. Pitu Ulunna Salu memata di Sawa, Pitu Baqbana Binanga memata di Mangiwang

6. Sisaraqpai mata malotong anna mata mapute, anna sisaraq Pitu Ulunna Salu Pitu Baqbana Binanga.

7. Moaq diang tomangipi mangidang mabattangang tommutommuane, namappasisaraq Pitu Ulunna Salu Pitu Baqbana Binanga, sirumungngi anna musesseqi, passungi anaqna anna muanusangi sau di uwai temmembaliq

Sejarah memang selalu menunjukkan bahwa selalu ada usaha untuk mempersatukan daerah-daerah yang luas di Mandar dalam satu kesepakatan yang lebih bermanfaat, dengan nilai filosofi yang sangat dalam jika dilihat dari isi perjanjian tersebut.

Penulis :
Tommuane MandarTommuane Mandar, saat ini menetap di Makassar, hobi travelling dan fotografi. Pecinta wisata kuliner, sedang merintis pelestarian aspek budaya dan promosi tempat-tempat wisata di tanah Mandar - Sulawesi Barat lewat pengembangan dunia literasi via promosi sosial media.

2 comments:

  1. tetap jaga kelestarian daerah kita.!!!!

    ReplyDelete
  2. I am glad you take pride in what you write. This makes you stand way out from many other writers that push poorly written content. poker online

    ReplyDelete

Powered by Blogger.