5 Fakta Wanita Kalumpang Asal Mamuju Sulawesi Barat

Apakah anda pernah mendengar cerita tentang pesona kecantikan gadis-gadis kalumpang di wilayah Mamuju?benarkah mereka cantik? Gadis Kalumpang konon mirip dengan mereka yang berasal dari Minahasa atau Manado, memiliki kulit putih bersih, itu menurut informasi yang pernah saya dengar langsung dari seorang rekan. 
Wanita Kalumpang Mamuju
Wanita dengan pakaian adat daerah Kalumpang (Foto : Harris Rinaldi)
Menurut informasi wanita Kalumpang lebih mirip dengan wanita-wanita Manado. Kondisi alam Kalumpang yang masih alami dan asri mungkin cocok untuk menjaga pesona mereka. Dan setelah memposting topik wanita dan gadis Kalumpang di Twitter seorang wanita Kalumpang sempat membalas tweet-tweet saya dan menjelaskan serta mengkonfirmasi beberapa tweet yang saya jelaskan soal Kalumpang.

Fakta pertama yang kemudian terungkap adalah benar jika wanita dan gadis Kalumpang cenderung memiliki warna kulit yang putih dengan dominasi paras yang elok dipandang, tetapi kemudian tidak semua seperti itu.


Fakta kedua adalah Kalumpang masih menyimpan adat, budaya, serta tradisi yang masih terjaga dengan baik. Kebiasaan-kebiasaan dari leluhur dan nenek moyang masih dijaga dengan cukup ketat walaupun memang tidak bisa dinafikkan bahwa modernisasi juga masuk ke daerah ini. 


Fakta ketiga adalah bahwa orang-orang Kalumpang tidak memiliki pertalian dengan orang-orang Manado ataupun Minahasa, jadi mereka asli dari daerah Kalumpang. 


Fakta keempat adalah bahwa wanita Kalumpang dan penduduknya memiliki dialek khas 



Fakta kelima adalah wanita Kalumpang yang berusia paruh baya kadang menenun, tenunan khas Kalumpang yang dinamai "Sekomandi" berbahan dasar benang dari kapas yang dipintal.

No comments

Powered by Blogger.