Melintasi Warung Tradisi Mandar, Sepabatu, Kec. Tinambung, Kab. Polewali Mandar

Warung Tradisi Mandar, nama warung kecil di dekat jembatan Tinambung, berjarak 50 meter dari jembatan sungai Tinambung dan berada diantara masjid Sepabatu, di jalur tikungan tajam sesaat sebelum meninggalkan Tinambung menuju Majene. Jika menuju kota Majene maka warung tradisi ini akan berada di sisi kanan sementara jika menuju kota Polewali berada di sebelah kiri.

Warung ini tampaknya tak begitu terkenal, di sisi kanannya terdapat penjaja putu karoro, kuliner putu di suku Mandar yang rasanya lezat. Tampak bagian depan warung di label identitasnya warung ini menyediakan menu diantaranya ; putu karoro, sop, nasi kuning, buras, nasi putih, ketupat serta sokkol. Jika ingin menemukan rumah makan di kecamatan Tinambung, maka lumayan sulit mendapatinya. Namun jika menyebut nama "warung" mungkin akan lebih banyak yang ditemukan. Minimnya pasar rumah makan kemungkinan mejadi penyebab tak adanya tempat makan yang lebih tinggi diatas kelas warung. 
warung tradisi mandar tinambung
Label identitas warung tradisi Mandar sekitar 50 meter dari jembatan sungai Tinambung, Sepabatu, kec. Tinambung, kab. Polewali Mandar (Foto : www.tommuanemandaronline.blogspot.com)
Sayang saja, kami tak sempat menjejakkan kami kedalam warung sederhana saat mampir membeli Putu Karoro di kedai disebelahnya (01/07/2017) ini untuk sekedar mencicipi sajian menu yang ditawarkan. Bagian warung berlantai kayu dengan bagian pagar depan besi bermotif ulir. Bangunan warung terdiri dari dua, yaitu bagian atas dan bawah, bagian warung diatas hampir sejajar dengan jalan, sementara bagian bawahnya terletak di lantai dasar. Ini wajar karena warung ini terletak di bantaran sungai Tinambung. Kemungkinan sang pemilik warung menggunakan bagian atas untuk berjualan sementara di bagian bawah adalah bagian rumah pribadi. 
warung tradisi mandar tinambung polman
Tampak bagian depan warung tradisi Mandar di Sepabatu, kec. Tinambung, kab. Polewali Mandar (Foto : www.tommuanemandaronline.blogspot.com)
Hampir sama dengan warung-warung lokal lainnya di area kecamatan, menu yang tertera di label adalah kuliner lokal umum. Hal ini cukup baik terutama jika ingin berburu makanan bercitarasa lokal. Kuliner seperti sokkol, dan putu karoro bisa jadi pilihan menu yang wajib untuk dicicipi, karena buras, ketupat, sop sudah terlalu biasa., sementara jika Anda adalah penggemar makanan berkelas maka akan kesulitan mencari tempat makan yang agak berkelas apalagi jika berada di Tinambung.

Tampak jelas bagian warung tradisi Mandar ini juga menyajikan makanan ringan dan minuman ringan, yang hampir sama dengan warung-warung lokal lainnya yang ada di kabupaten. Selain menu sajian utama, makanan dan minuman ringan dapat menjadi penutup atau makanan sela. 

Sekilas melihat warung Tradisi Mandar di Sepabatu ini tampaknya tidak ramai dengan pengunjung, kuliner lokal Sokkol Bunga yang letaknya didekat masjid raya Al Hurriyah Tinambung kabarnya lebih ramai dengan pelanggan, bahkan konon jika tak segera berkunjung maka siap-siap saja pusang dengan harapan dan tangan kosong.

No comments

Powered by Blogger.