Ke Mamuju Tengah? Mampirlah Di Puncak Indah Salugatta

Menginjak bumi Lallaq Tassisaraq, julukan untuk kabupaten Mamuju Tengah, kabupaten termuda di Sulawesi Barat, Anda sebaiknya mampir di puncak Indah Salugatta. Ada pemandangan cantik, hijau, nan menenangkan di kawasan ini, mata Anda akan ditawarkan hijaunya hutan homogen Elaeis guineensis (kelapa sawit) komoditas penting bernilai ekonomi tinggi yang menyangga pendapatan masyarakat Mamuju Tengah. 

Puncak Indah Salugatta adalah kawasan paling puncak dari sekian banyak dataran tinggi dan rendah bergantian di sepanjang daerah kecamatan Budong-Budong. Selepas kecamatan Pangale hingga kecamatan Topoyo via jalur darat  area Salugatta adalah jalur yang harus Anda lalui (arah Mamuju-Mamuju Tengah). Konturnya berubah-ubah dari rendah hingga tinggi, dengan jumlah tikungan yang mengular hingga sampai ke wilayah dataran rendah di batas kecamatan Budong-Budong dan Topoyo. 

desa-salugatta-budong-budong-mamuju-tengah
Batas desa Salugatta, kec. Budong-Budong, kab. Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Foto : www.tommuanemandaronline.blogspot.com)
Ada beberapa titik tertinggi di Salugatta, jika ingin menandai Puncak Indah Salugatta maka Anda akan menemukan kedai di sisi kanan ada sekitar 3- 5 kedai sederhana yang menyajikan berbagai makanan dan minuman ringan dengan fasilitas gaazebo kecil (tempat peristirahatan). Sempurna, mengistirahatkan tubuh yang lelah menghabiskan puluhan tikungan tajam di sepanjang Salugatta, ditemani minuman ringan dan buah-buahan yang ditawarkan oleh pengelola masyarakat setempat. Setiah hari nyaris kedai-kedai di Puncak Indah Salugatta disinggahi kendaraan beroda empat dan kendaraan beroda dua, namun tampaknya lebih disukai oleh rombongan keluarga yang ingin menikmati semilir angin dan hijaunya pohon sawit di bagian sisi jalan.   

pemandangan-hutan-sawit-salugatta-budong-budong-mamuju-tengah
Pemandangan hutan sawit seluas mata memandang di daerah puncak Indah Salugatta, desa Salugatta, kec. Budong-Budong, kab. Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Foto : www.tommuanemandaronline.blogspot.com)
Jalur darat sepanjang Salugatta, Budong-Budong, Mamuju Tengah adalah rute yang seru dinikmati, jika ingin lebih seru laluilah dengan kendaraan beroda dua, potret masyarakat petani sawit, hijaunya hutan sawit, dan daerah yang menenangkan tanpa hiruk pikuk kendaraan yang ramai niscaya akan Anda rekam baik dengan mata.  

Konon Salugatta, masa dahulu adalah daerah sepi yang terkenal dengan daerah rawan kejahatan untuk jalur darat masa tahun 1980-an hingga 1990-an tingkat kriminal cukup tinggi di wilayah ini, daerah yang panjang dengan hutan lebat masa dahulu menjadi kawasan penghadangan kendaraan lintas Palu-Sulawesi Selatan. Namun kondisi ini hanyalah terjadi di masa lalu, kini Salugatta adalah daerah yang aman dilalui, menawarkan kesejukan, keindahan, barisan pepohonan sawit dengan hilir lalu lalang kendaraan truk pengangkut buah sawit setiap waktu. 

Untuk Anda yang berjiwa petualang, bisa dipastikan Anda akan jatuh cinta dengan topografi wilayah kawasan Salugatta, area hutan hijau yang dibelah jalur jalan berkelok-kelok dengan dataran tinggi dan dataran rendah bergantian. 

No comments

Powered by Blogger.