Jenis Kategori Hotel Di Sulawesi Barat

Membincang soal dunia pariwisata Sulawesi Barat maka kita tidak akan pernah bisa lepas dari peranan tempat hunian seperti hotel, wisma, losmen, ataupun penginapan. Tingkat hunian untuk wisatawan ini mungkin dapat menjadi salah satu acuan apakah dunia pariwisata di Sulawesi Barat naik, tetap atau turun. Lalu bagaimana tingkat huniannya? saya yakin belum terlalu menggembirakan. 

Hotel DMaleo Mamuju Sulawesi Barat
Tampak dari kejauhan hotel DMaleo Mamuju Sulawesi Barat
Foto : Jusriady
Dalam pandangan umum dunia pariwisata Sulawesi Barat mungkin bisa dikatakan tidak cukup berkembang dengan signifikan, hanya ada beberapa hotel yang berdiri, itupun di kota provinsi, kabupaten Mamuju, sebutlah misalnya Hotel D'Maleo yang sangat terkenal itu. 

Berikut ini saya mengutip beberapa jenis kategori hotel/wisma/losmen.penginapan yang ada di Sulawesi Barat dari Buku Saku “Direktori Hotel Sulawesi Barat Tahun 2012” yang menyajikan informasi-informasi mengenai hotel dan akomodasi lainnya, seperti : nama hotel/akomodasi, alamat, klasifikasi usaha, tarif kamar per malam, dan lain-lain.

Hotel Berbintang (Star Hotel) 
suatu usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, di mana setiap orang dapat menginap, makan, memperoleh pelayanan, dan menggunakan fasilitas lainnya dengan pembayaran, dan telah memenuhi persyaratan sebagai hotel berbintang seperti yang telah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pariwisata. Ciri khusus dari hotel adalah mempunyai restoran yang dikelola langsung di bawah manajemen hotel tersebut

Hotel Melati (Other Star Hotel)
suatu usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, di mana setiap orang dapat menginap, makan, memperoleh pelayanan dan menggunakan fasilitas lainnya dengan pembayaran, dan belum memenuhi persyaratan sebagai hotel berbintang seperti yang ditentukan Direktorat Jenderal Pariwisata tetapi telah memenuhi kriteria hotel melati yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Daerah (Diparda)

Penginapan Remaja (Youth Hostel)
usaha jasa pelayanan penginapan bagi remaja sebagai akomodasi dalam rangka kegiatan pariwisata dengan tujuan untuk rekreasi, memperluas pengetahuan/pengalaman dalam perjalanan

Pondok Wisata (Home Stay)
usaha jasa pelayanan penginapan bagi umum yang dilakukan perorangan dengan menggunakan sebagian dari tempat tinggalnya (dengan pembayaran harian)

Akomodasi Lainnya (Other Accommodation)
usaha penyediaan jasa pelayanan penginapan yang tidak termasuk dalam butir 1 sampai dengan 4 di atas, seperti wisma dan losmen

Jenis kategori hotel/wisma/losmen/penginapan diatas mungkin dapat menjadi gambaran umum bagi anda untuk mengenali seperti apa jenis tempat hunian yang anda kunjungi saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Sesuai dengan usia provinsi Sulawesi Barat yang masih terbilang muda maka dunia pariwisata adalah hal yang masih sedang merangkak dan berkembang, sangat jauh dibandingkan dengan daerah lain semisal Sulawesi Selatan yang memiliki usia cukup lama. 

Sumber : 

Penulis :

Tommuane Mandar, saat ini menetap di Makassar, hobi travelling, pecinta kuliner, sedang merintis pelestarian aspek budaya dan promosi tempat-tempat wisata di tanah Mandar, Sulawesi Barat lewat pengembangan dunia literasi via sosial media.

Kontak saya :
twitter : https://twitter.com/tommuane_mandar  
facebook :  https://www.facebook.com/tommuane.mandar.96 
blog : http://tommuanemandaronline.blogspot.com 

3 comments:

  1. TOLONG DIBERI NOMOR TELEPON YANG DAPAT KAMI HUBUNGI PENGINAPAN DI MAJE'NE MENGINGAT PUTRA KAMI AKAN MENGIKUTI TES CPNS TGL 25 NOPEMBER MENDATANG INSA ALLAH

    ReplyDelete
  2. TOLONG DIBERI NOMOR TELEPON PENGINAPAN MURAH DI-MAJE'NE SUL-BAR

    ReplyDelete

Powered by Blogger.