Foto : Panorama Elok Tuqbi Taramanu (Tutar) di Kab. Polman

Daerah pegunungan yang masih alami Tuqbi Taramanu (Tutar), adalah salah satu kecamatan terpencil di kabupaten Polewali Mandar, jauh dari hingar bingar riuh kota kabupaten Polewali. Dengan akses jalan yang dahulu cukup berat, dan waktu tempuh yang cukup lama, menyimpan panorama keindahan khas dataran tinggi.

Daerah yang dapat ditempuh dari kecamatan Mapilli sejauh 27 km ini cenderung tidak populer diantara kecamatan lainnya di kabupaten Polman, letak geografisnya yang sulit diakses mungkin salah satu penyebabnya. Namun bukan berarti daerah ini tidak punya cukup potensi untuk digali, daerah khas pegunungan kadang akrab dengan keasrian dan kealamian panorama yang hijau.

Berikut beberapa dari banyak panorama Tuqbi Taramanu (Tutar) yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke daerah penghasil buah kakao terbesar di kabupaten Polewali Mandar ini.

Bunga Bougenville Tuqbi Taramanu (Tutar)
Bunga bougenville yang tumbuh subur di daerah Tutar (Foto : Andi Sura Muhlis)

Alam Tuqbi Taramanu (Tutar)
Pemandangan alam di salah satu desa di kec. Tuqbi Taramanu (Tutar) (Foto : Andi Sura Muhlis)
Ilalalang Tuqbi Taramanu (Tutar)
Ilalang di salah satu desa di kecamatan Tuqbi Taramanu (Tutar) (Foto : Andi Sura Muhlis)
Panorama Tuqbi Taramanu (Tutar)
Panorama alam desa di kec. Tuqbi Taramanu (Tutar) (Foto : Andi Sura Muhlis)
Rumah Penduduk Tuqbi Taramanu (Tutar)
Salah satu rumah penduduk di kec. Tuqbi Taramanu (Tutar) (Foto : Andi Sura Muhlis)
Bunga Teratai Tuqbi Taramanu (Tutar)
Bunga Teratai tumbuh dengan subur di kec, Tuqbi Taramanu (Tutar) (Foto : Andi Sura Muhlis)
Iklim  pegunungan yang cenderung dingin sangat cocok untuk tempat tumbuh beberapa jenis tanaman dan bunga, sebutlah misalnya bunga bougenville dan bunga teratai diatas. Bunga-bunga ini cukup mudah anda temukan di daerah ini. Selain sebagai penghasil buah kakao terproduktif, daerah ini juga adalah penghasil damar, rotan serta kayu yang digunakan dalam industri pembuatan meuble. Belum lagi ada beberapa potensi pariwisata kecamatan Tutar yang cukup baik namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Dalam hal ini, akses jalan menuju Tutar haruslah menjadi prioritas untuk memudahkan menjangkau lokasi-lokasi objek wisatanya.

Penulis :
Andi Sura Muhlis, saat ini bermukim di Kecamatan Tutar (Tuqbi Taramanu) Kab. Polewali Mandar, hobi menulis cerpen dan membaca. Menyelesaikan pendidikan terakhir di S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Kini menjadi tenaga pengajar honorer di SMP Neg 4 Tutar bidang studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Seni Budaya, aktif dalam teater dan pementasan di instansi mengajarnya.
Kontak Saya :

No comments

Powered by Blogger.